Berita

Wedang Uwuh ada di Angkringan Sedjenak Depok

24 Sep 2020, 04:57 WIB

Wedang Uwuh ada di Angkringan Sedjenak Depok

Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS). Coronavirus jenis baru yang di temukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di Wuhan Cina, pada Desember 2019, kemudian diberi nama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV2), dan menyebabkan penyakit Coronavirus Disease-2019 (COVID-19)

Sejak munculnya virus corona di Indonesia banyak masyarakat berbondong-bondong memulai melakukan hidup sehat dengan seperti memakan yang bergizi  berolahraga, meminum jamu khas tradisional Indonesia, meminum jus dan vitamin dan juga memulai menjaga keberisihan.

Saat kami mengunjungi Angkrinagn dengan nama Angkringan Sedjenak yang berada di Depok tepatnya di samping ITC Depok, angkringan tersebut memiliki menu seperti angkringan lainnya namun di Angkringan Sedjenak ini memiliki penjualan ples yaitu menjual sebuah wedang uwuh, wedang ini jarang terdengar di zaman milenial.

Wedang Uwuh memiliki manfaat untuk kesehatan dengan bahan yang kaya rempah menghasilkan sensasi sedikit pedas dan segar layaknya jamu. Namun wedang uwuh jauh lebih ringan dan tidak sepekat jamu. Minuman tradisional ini masih banyak di jual khususnya di daerah jawa seperti Yogyakarta, Solo, Semarang dan beberapa kota lainnya.

Manfaat Wedang Uwuh :

1.       Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Wedang uwuh ini dapat meningkatkan tubuh di karenakan kandungan kapulaga dan jahe yang ada di dalamnya. Kapulaga sendiri adalah jenis rempah yang dihasilkan dari biji beberapa tanaman dari genara Elettaria dan Amomum dalam keluarga Zingiberaceae. . Kapulaga dapat melawan bakteri dan patogen lainnya sehingga tubuh lebih terasa berenergi. Ekstrak jahe merah juga dapat membunuh bakteri berbahaya dalam tubuh dan mampu menghambat pertumbuhan Candida albicans. Rimpang jahe merah mengandung gingerol yang berfungsi sebagai antiinflamasi, antikarsinogenik, antibakteri, antioksidan, dan antitumor.

 

2.       Menghangatkan Tubuh

Dalam wedang itu terdapat cengkeh, cengkeh juga bisa menimbulkan efek farmakologis sebagai antiseptik. Dalam dunia medis, minyak cengkeh juga dipakai untuk meredakan sakit gigi.

 

3.       Membersihkan Racun di Hati

Pala dalam wedang uwuh berkhasiat untuk membersihkan racun yang terkandung dalam hati dan ginjal. Kedua organ tersebut merupakan tempat racun berkumpul. Karena itu, proses detoksifikasi sangat penting bagi kesehatan. Namun, pala belum diketahui bisa atau tidak mengobati hati yang terluka ya.

Wedang Uwuh sangat bagus untuk kesehatan, wedang ini memiliki banyak manfaat seperti meningkatkan imun tubuh, membersihkan racun di hati, dapat menghangatkan tubuh, dapat membersihkan racun di hati, menurunkan kolestrol, mengurangi radikal bebas penyebab penyakit, mengatasi peradangan dan masih banyak lagi manfaatnya. Jangan lupa untuk membaca artikel sebelumnya di www.bantujiwa.com

 

Sumber :

https://stoppneumonia.id/informasi-tentang-virus-corona-novel-coronavirus/ di akses 9/23/2020

https://review.bukalapak.com/food/manfaat-wedang-uwuh-khas-yogyakarta-111853 di akses 9/23/2020

Editor : Nur Qolbi