Aktivitas

Tips Wisuda LDR 2020 Agar Tetap Berkesan #WisudaOnline

02 Aug 2020, 05:49 WIB

Tips Wisuda LDR 2020 Agar Tetap Berkesan #WisudaOnline

Seperti kita ketahui pada masa New Normal, kasus COVID-19 semakin melonjak. Tercatat bahwa pada hari Sabtu tanggal 18 Juli 2020, tercatat bahwa Kasus COVID-19 telah mencapai 1.752 infeksi baru. Perhitungan baru untuk Indonesia adalah 84.882 pada Sabtu sore, sementara China telah melaporkan 22 kasus baru sehingga total kasus mencapai 83.644, berdasarkan data dari komisi Nasional negara tersebut. Tentu ini merupakan kabar memprihatinkan bahwa Indonesia telah melampaui kasus COVID-19 di China yang merupakan  asal mula muncul COVID-19 dan kurangnya keseriusan dari pemerintah dalam menanggapi hal ini.

Sejak virus corona menyebar di Jakarta dan sebagainya pemerintah melakukan tindakan cepat untuk memutus mata rantai virus corona, tepatnya pada bulan maret pendidikan di Indonesia di liburkan dan juga kantor. Saat ini kita sedang melakukan new normal dengan adanya new normal pemerintah berharap agar perekonomian di Indonesia tetap berjalan dan kantor sudah mulai masuk, tetapi untuk pelajar atau mahasiwa tetap melakukan belajar online.

Di situasi pandemi COVID-19 seperti ini, terjadi perombakan di sistem pendidikan. Mahasiswa yang akan melakukan wisuda tahun 2020 ini juga mengalami dampaknya. Impian merayakan wisuda tatap muka yang meriah dan memakai toga kebanggaan ternyata harus pupus. Semua harus dilakukan secara daring (online), termasuk prosesi wisuda. Tapi kamu jangan berkecil hati karena disini akan memberikan tipsnya.

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar memori kelulusanmu tetap mengesankan walaupun dilakukan di rumah aja :

1.      Persiapkan acara wisuda online-mu dengan sebaik mungkin

 

Sebelum prosesi wisuda online dari kampus dilaksanakan, cermati peraturan yang telah dibuat oleh pihak kampus. Jangan lupa juga pastikan perangkat keras yang digunakan dalam kondisi baik dan jaringan internet stabil. Jangan sampai ya prosesi wisuda online-mu berjalan tidak lancar hanya karena persiapan teknis yang kurang matang.

 

2.      Dekor sebagian ruang dari rumahmu sebagai background untuk sesi foto bersama orang tersayang

 

Beberapa minggu yang lalu, di media sosial Instagram ramai tagar #WisudaLDR2020. Gagasan ini dicetuskan oleh Najwa Shihab yang ingin menghibur para mahasiswa yang tahun ini tak bisa merayakan wisuda seperti tahun-tahun sebelumnya. Najwa Shihab mengajak para mahasiswa di Indonesia melakukan video call bersama untuk merayakan kelulusan mereka. Sebelum acara berlangsung, para mahasiswa tersebut dibebaskan untuk mendekor sebagian ruang di rumahnya sekreatif dan semenarik mungkin. Mereka juga disilakan untuk memakai busana wisuda/kebaya agar bisa merasakan euforia layaknya acara wisuda pada tahun-tahun sebelumnya.

 

3.      Rayakan kelulusan kamu bersama teman-teman secara virtual

 

Walau situasi pandemi COVID-19 membuat kamu tak bisa bertemu teman-teman secara langsung, kamu tetap bisa merayakan kelulusan kamu secara virtual lho. Ada banyak fasilitas video call yang bisa dimanfaatkan, seperti Zoom, Google Meet, atau fasilitas video call di WhatsApp. Izinkan teman-teman kamu menyaksikan wajah bahagia kamu yang telah diwisuda online.

 

4.      Susun rencanamu jika pandemi ini telah usai

 

Sebagai mahasiswa, momen wisuda memang sangatlah menggembirakan. Namun, jangan lupa buat list/daftar yang akan kamu lakukan setelah resmi mendapatkan gelar dari almamater. Kamu dapat merencanakan sesuatu yang ingin kamu lakukan, misalnya menjadi freelancer, mencoba membuka usaha, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.

 

Nah, berikut adalah tips supaya kamu dapat merayakan wisuda online meski harus di rumah aja. Janganlah bersedih jika perayaan kelulusan hanya dilakukan di rumah, tanpa euforia yang meriah dan megah. Kamu telah berhasil menyelesaikan pendidikan dengan baik. Kamu juga sangat tangguh untuk melalui setiap tantangan selama kuliah. Selamat atas kelulusanmu ya!

 

Editor : Nur Qolbi

Referensi :

https://bantujiwa.com/article/kasus-covid-19-indonesia-telah-melampaui-negara-cina di akses 8/1/2020

https://unycommunity.com/siap-wisuda-online-lakukan-tips-berikut-agar-wisuda-online-mu-berkesan/ di akses 8/1/2020