Aktivitas

Tips WFH Agar Bisnis Tetap Sukses & Produktif di Tengah Pandemi

07 Oct 2020, 04:01 WIB

Tips WFH Agar Bisnis Tetap Sukses & Produktif di Tengah Pandemi

Khususnya di provinsi DKI Jakarta memulai melakukan kembali PSBB jilid II tepatnya pada tanggal 14 September 2020 selama dua pekan. (PSBB) Pembatasan Soaial Berskala Besar selama dua pekan mulai tanggal 14 sampai 25 September 2020. Dalam terjadinya peningkatan kasus baru COVID-19 secara signifikan berdasarkan hasil pemantauan dan evaluasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Tingkat Provinsi makan PSBB di perpanjang selama 14 hari sampai dengan 11 Oktober 2020.

Pembatasan kembali PSBB total di Jakarta didasari karena dalam pelaksanaan PSBB transisi selama ini angka kasus COVID-19 tak kunjung turun, kasus ini di ibu kota selalu meningkat drastis mencapai 1000 kasus positif setiap harinya. Sehingga pemberlakukan di ibu kota di perpanjang selama 14 hari.

Dengan memperpanjang PSBB maka perkantoran atau tempat café dan lain sebagainya di liburkan selama PSBB. Maka dengan ini kami ingin memberikan solusi bagaimana cara agar karyawan yang berkerja dari rumah atau WFH dapat di pantau sehingga karyawan dapat bekerja dengan produktif. Ini beberapa tips menjaga karyawan :

1.       Pastikan Kehadiran Karyawan Terkontrol

Salah satu agar karyawan tetap terkontrol yaitu anda dapat menggunaka sebuah aplikasi Human Resources Information System (HRIS) apalikasi ini memiliki fitus absensi dari mobile seperti Talenta. Fitur absensi mobile dapat membantu anda untuk memantau langsung kehadiran karyawan yang bekerja dari rumah. Kemudian anda juga dapat melihat lokasi absen mereka melalui dashboard yang terupdate secara realtime.

 

2.       Pastikan Chanel Komunikasi Lancar

Saat Wok From Home anda harus tetap berkomunikasi terutama pada partner kerja. Tujuannya agar karyawan tetap terkontrol mungkin anda bisa munggunakan aplikasi yang banyak digunakan seperti apliaksi Zoom, Google Meeting dan beberapa aplikasi lainnya.

 

3.       Memberika Tugas lewat Platfrom

Agar perusahan tetap jalan seperti biasa atau tetap produktif anda dapat memberikan tugas kepada karyawan lewat platform yang terintegrasi  sehingga proses kerja tetap berjalan seperti biasa. Dalam kondisi seperti ini, kordinasi tugas harus dilakukan dengan terstruktur. Mungkin anda bisa menggunakan fitur aplikasi seperi Talenta, dengan aplikasi ini anda bisa memberlakukan kebijakan untuk melakukan penugasan secara langsung kepada karyawan.

 

4.       Sediakan aplikasi Self-Service bagi karyawan

Di saat work from home, penting bagi perusahaan untuk menyediakan fitur Human Resources Information System HRIS fitur ini dapat membantu untuk kebutuhan karyawan. HRIS ini merupakan sistem satu kesatuan tersendiri atau dapat tergabung dalam suatu sistem yang lebih besar dalam enterprise sesource planning. Namun setidaknya di dalam fitur HRIS manajer dapat mengelola kebutuhan mengakses informasi tentang kebutuhan SDM, sistem penggajian, data pegawai, kinerja pegawai, informasi terkait payroll hingga kebijakan dan prosedur perusahaan. Misalnya aplikasi HRIS seperti Talenta, yang memungkinkan karyawan untuk mengecek plafon benefit kesehatan yang dimiliki, mengajukan reimbursement untuk biaya perawatan dan mendapatkan informasi persetujuan reimbursement langsung dari aplikasi mobile.

Itulah beberapa tips untuk menjaga karyawan agar perusahan atau bisnis anda tetap dapat di pantau walaupun kerjanya tetap dirumah saja atau WFH. Jangan lupa untuk membaca beberapa artikel yang sudah ada di aplikasi bantujiwa atau bisa buka di www.bantujiwa.com

 

Editor : Nur Qolbi

Referensi

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20200914093434-20-546079/psbb-dki-diperpanjang-hingga-11-oktober-jika-kasus-masih-naik di akses 2/7/2020

https://www.talenta.co/blog/administrasi-hr/4-tips-bisnis-sukses-terapkan-work-from-home-selama-pandemi-corona/ di akses 2/7/2020

https://www.talenta.co/blog/insight-talenta/manfaat-hris/ di akses 2/7/2020