Olahraga

Tips olahraga di rumah selama corona

18 May 2020, 04:22 WIB

Tips olahraga di rumah selama corona

 

Olahraga melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang membuat kita merasa lebih baik. Selain itu, olahraga juga dikaitkan dengan membaiknya kualitas tidur, berkurangnya stres dan kecemasan, dan meningkatnya memori serta kemampuan kognitif.

Selama social distancing, semua aktivitas pekerjaan, sekolah, tempat gym, dan lain-lain sebagainya untuk saat ini di berhentikan untuk beraktifitas dan harus beraktifitas di rumah saja, oleh karena itu untuk melakukan aktifitas selama dirumah disini akan menjelaskan mengenai kebugaran jasmani yaitu tips olahrga selama dirumah saja, sebagai berikut

 

Push up

Push up adalah suatu jenis senam kekuatan yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep maupun trisep. Posisi awal tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan kiri badan. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan. Posisi kaki dan badan tetap lurus atau tegap. Setelah itu, badan diturunkan dengan tetap menjaga kondisi badan dan kaki tetap lurus. Badan turun tanpa menyentuh lantai atau tanah.

 

Jumping Jack

Jumping Jack menjadi gerakan kardio terbaik yang bermanfaat untuk seluruh tubuh. latihan lompat fisik yang dilakukan dengan melompat ke posisi dengan kaki terbentang lebar dan tangan melebar, terkadang bertepuk, dan kemudian kembali ke posisi posisikan dengan kaki menyatu dan lengan di samping.

 

Downward-facing dog 

Downward-facing dog  menjadi salah satu pose yang paling bermanfaat untuk meredakan sembelit, mengurangi ketegangan dan meredakan nyeri otot. Langkahnya :

a.   Mulailah pada pose all fours. Tekuk jari kaki dan angkat pinggul tinggi, mencapai tulang duduk ke arah langit-langit. Luruskan tumit ke belakang ke arah matras tanpa menyentuhnya.

b.   Turunkan kepala sehingga leher lurus.

c.   Lipatan pergelangan tangan tetap sejajar dengan tepi depan matras. Tekan ke buku jari telunjuk dan ibu jari Anda untuk meredakan tekanan dari Pergelangan Tangan. Bernapaslah di posisi ini sekurangnya tiga tarikan napas panjang.

Manfaatnya : Membuka sebagian besar bagian tubuh, melurukan, memperkuat,mengurangi stress,dan memberi tenaga. Memperbaiki aliran darah ke seluruh tubuh. Melepaskan ketegangan dari kepala dan leher. Menghilangkan penyakit susah tidur, depresi, kelelahan, sakit punggung, dan osteoporosis.

 

Plank

Gerakan ini bisa membantu meregangkan otot-otot kakimu, efektif untuk menambah tinggi badanmu, meningkatkan definisi otot dan mengurangi sakit punggung. Mulai dalam posisi papan tinggi (alias push-up). Tekuk siku anda dan sandarkan tangan anda pada lengan anda, bukan pada lengan anda. Tubuh anda harus membentuk garis lurus dari ahu hingga pergelangan kaki. Persiapkan ini anda seolah-olah anda akan di tinju di perut, dan juga atus nafas.

 

Yoga

Gerakan olahraga yoga dapat meningkatkan kesehatan fisik, menguatkan dan membentuk otot, olahraga ini tidak mudah cedera karena olahraga ini dapat meningkatkan konsentrasi. Pasti semua orang pernah mengalami cedera entah itu jatuh ataupun lainnya namun jika kamu melakukan olahraga yoga dapat diminimalisir karena olahraga yoga dapat melatih fisik secara mental dan konsentrasi. Maka tak heran jika olahraga yoga memiliki manfaat banyak sekali mulai dari melatih konsentrasi, meningkatkan kesehatan fisik, melatih otot, meningkatkan kekebalan tubuh dan masih banyak lainnya. Olahraga ini sangat cocok sekali selama kita di haruskan di rumah saja untuk memberhentikan penyebaran virus corona karena olahraga ini dapat dilakukan dimana saja.

 

Ini adalah beberapa contoh olahraga saat di rumah saja dan masih banyak contoh agar bisa berolahraga dirumah saja. Semoga bermanfaat ya menjaga kesehatan itu sangat penting untuk terhindar dari terkenanya penyakit.

 

Sumber :

Push-up - https://id.wikipedia.org/wiki/Push-up di akses 7/5/2020

Latihan Yoga - https://www.msn.com/id-id/kesehatan/latihan/yoga/down-dog-pose/ss-BBtSS4h di akses 7/5/2020

Tetap sehat dan bahagia - https://www.kompas.com/tren/read/2020/03/31/ 121600265/5-kiat-tetap-sehat-dan-bahagia-saat-karantina-diri-di-ruma di akses 7/5/2020

 

Editor : Nur Qolbi