Aktivitas

Suka Duka Mahasiswa Baru Saat Mengikuti Ospek Online

23 Sep 2020, 08:13 WIB

Suka Duka Mahasiswa Baru Saat Mengikuti Ospek Online

Saat ini kita sedang melakukan new normal dimana aktivitas sudah di perbolehkan lagi seperti perkantoran, usaha, mall , supermarket dan lain lain sebagainya terkecuali pendidikan yang harus melakukan pembelajaran online. Dengan memasuki new normal kasus COVID-19 semakin hari semakin meningkat. Tercatat bahwa hari jumat,11 September 2020 tercatat bahwa kasus COVID-19 telah mencapai 3.737 infeksi baru. Saat ini orang yang terkena COVID-19 di Indonesia memasuki angka 210.940 , Sembuh 150.217 dan meninggal 8.544 di 34 provinsi Indonesia, sedangkan untuk kasus orang yang terinfeksi global sebesar 28.176.532. tentu ini merupakan kabar memprihatinkan bahwa Indonesia telah melampaui kasus COVID-19 di China yang merupakan asal mula munci; COVID-19.

Seiringnya virus corona di Jakarta semakin meningkat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memutuskan memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). PSBB ini akan diberlakukan mulai tanggal 14 September 2020, sehingga kegiatan perkantoran ditiadakan.

Di situasi pandemi COVID-19 sperti ini, terjadi perombakan di sistem pendidikan, terutama pada mahasiswa baru yang akan melakukan “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru” atau PKKMB merupakan kegiatan mahasiswa baru untuk memperkenalkan dan mempersiapkan mahasiwa baru dan transisi menjadi mahasiswa dewasa dan mandiri serta dapat beradaptasi di lingkungan baru dan memberikan bekal untuk keberhasilan menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Dengan adanya virus corona ini maka PKKMB di lakukan secara online atau daring. Namun dengan melakukan PKKMB secara online pasti akan memiliki kesan yang berbeda, dengan PKKMB online akan memiliki kelebihan dan kekurangan yaitu :

Kelebihan PKKMB online :

1.       Mahasiswa dapat mengikuti kegiatan dari rumah, sehingga mahasiswa tidak repot- repot untuk banyak mempersiapkan diri hanya mempersiakan jaringan internet yang kuat.

2.       Tidak lelah, karena kegiatan ospek online mahasiswa baru hanya mendengakar saja. Berbeda dengan ospek langsung dimana mahasiswa akan langsung turun ke lapangan.

3.       Biasanya saat melakukan ospek akan ada para tokoh ternama untuk memotivasi mahasiswa baru, dengan adanya darling saat mendengarkan motivasi akan lebih jelas, intinya jaringan internet harus kuat.

Kekurangan PKKMB online :

1.       Mahasiswa baru tidak dapat turun langsung di lapangan saat melakukan ospek dan tidak dapat berinteraksi dengan mahasiswa baru lainnya secara langsung.

2.       Bisa terjadi salah komunikasi saat melakukan daring, komunikasi online sanga berbeda dengan komunikasi langsung dimana saat komunikasi online biasanya akan terjadi kesalah pahaman atau mengakap pesan karena terkendala jaringan internet sehingga bisa salah menangkap.

3.       Akses jaringan internet tidak merata, beberapa orang pasti akan mengalami jaringan internet seperti tidak ada sinyal dan lain sebagainya.

4.       Butuh kuota internet besar, saat melakukan ospek online biasanya ospek ini memakan waktu cukup lama sehingga dibutuhkan kuota internet yang besar.

 

Itulah beberapa kekurangan saat menjalankan kegiatan “Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru” atau PKKMB. Jangan lupa baca artikel lainnya di www.bantujiwa.com

 

Sumber :

https://www.cnbcindonesia.com/news/20200909195638-4-185666/covid-19-tak-terkendali-anies-putuskan-jakarta-psbb-total

Editor : Nur Qolbi