Aktivitas

Suka Duka Belajar Online Selama Pandemi COVID-19

11 Jul 2020, 01:28 WIB

Suka Duka Belajar Online Selama Pandemi COVID-19

Himbauan dari pemerintah untuk melakukan social distancing, membuat beberapa kegiatan yang kita lakukan harus dikerjakan di rumah. Darurat penanganan wabah virus covid-19 telah diperpanjang hingga 29 Mei mendatang. Anjuran untuk menjaga jarak sosial, bekerja dari rumah saja, dan belajar dari rumah dengan sistem pembelajaran online untuk para siswa dan mahasiswa, menjadi sebuah aktivitas yang membutuhkan adaptasi baru.

Yang masih dirasakan sulit oleh para pelajar dan mahasiswa adalah adanya perubahan pola kegiatan belajar mengajar, dari tatap muka di kelas menjadi cara online baik melalui grup whatsapp maupun aplikasi lainnya. Metode belajar seperti ini memiliki kendala tersendiri baik dari peserta didik atau tenaga pendidik.

Untuk tenaga pendidik misalnya, memberikan materi belajar secara online dianggap lebih sulit daripada tatap muka di kelas. Guru atau dosen merasa kesulitan mengajak para siswanya untuk aktif, komunikatif bahkan di ruang diskusi yang sengaja diadakan. Sementara bagi siswa, kendala belajar melalui online membutuhkan daya tangkap yang cepat.

Tips biar kamu tetap efektif selama melakukan kuliah atau sekolah online :

1.       Disiplin waktu dalam pengumpulan tugas

Selain melakukan pengecekan jadwal mata kuliah online, kamu juga wajib sekali untuk mencatat jadwal pengumpulan tugas yang diberikan oleh dosenmu. Biasanya, ketika kamu melakukan sistem online, kamu harus tepat waktu mengumpulkan tugas tersebut. Karena semua sistem tercatat secara online, maka tidak ada toleransi jika kamu telat mengumpulkan tugas.

2.       Simak dengan baik materi perkuliahan online yang disampaikan

Berada di rumah bukan berarti membuat kamu seenaknya sendiri dalam melakukan perkuliahan. Kamu harusnya lebih bersemangat dan selalu menyimak dengan baik semua materi perkulihan yang diberikan oleh dosen kamu. Tidak hanya itu, kamu juga harus melakukan konsentrasi tinggi agar materi perkuliahan onlinemu bisa berjalan efektif.

3.       Catat hal-hal penting tentang materi perkuliahan

Gak hanya menyimak saja, kamu juga wajib untuk mencatat semua hal-hal penting dalam materi perkuliahan tersebut. Dengan demikian, meskipun perkuliahan tersebut diadakan dalam sistem online, tapi kamu masih bisa untuk mendapatkan poin-poin penting saat penyampaian materi online tersebut.

4.       Cari ruangan yang buat kamu nyaman dan berkonsentrasi tinggi

Namanya juga mengerjakan di rumah, pasti kamu susah untuk melakukan konsentrasi saat melakukan perkuliahan oline. Beberapa hal dapat men-distract kamu saat kuliah onlinemu berlangsung. Nah, maka dari itu kamu seharusnya mencari lokasi di tempat tinggalmu yag nyaman dan tentunya dapat memudahkan kamu untuk berkonsentrasi dalam perkuliahan tersebut.

5.       Menghindari kegiatan yang sia-sia

Jika rasa bosan mulai menyerang, sebisa mungkin lakukan hal produktif. Saat ini ada banyak penawaran website penyedia referensi ilmu pengetahuan secara gratis. Dari website gratis tersebut kamu dapat mengunduh jurnal untuk mata kuliah dan referensi lainnya. Selain itu, ada pula kursus online bersertifikat yang dapat kamu ikuti.

Apabila kamu cermat, kamu bisa mendapatkan kursus online yang sesuai bidang kuliah. Jadi, setelah pandemi Covid-19 berakhir, kamu bisa mendapatkan sertifikat karena keahlianmu bertambah.

Itu lah beberapa tips agar kamu saat melakukan belajar online tetap produktif dan dapat mengatur waktu dan jangan lupa untuk baca artikel lainnya di bantujiwa    

 

Referensi :

https://www.solider.id/baca/5828-belajar-online-selama-pandemi-covid19-suka-duka-tips-menjalankannya di akses 7/7/2020

https://sevima.com/5-tips-kuliah-online-agar-lebih-efektif-selama-social-distancing/ di akses 7/7/2020

Editor : Nur Qolbi