Makanan

Pola makanan yang baik untuk lansia

07 May 2020, 05:56 WIB

Seiring dengan bertambahnya umur maka orang yang sudah lanjut usia makanan sangan penting untuk di jaga. Namun menjadi tua bukan berarti tidak bisa kuat, dengan makanan sehat dan melakukan olahraga maka orang lansia akan tetap bisa memiliki kondisi tubuh yang baik layaknya seperti orang yang masih muda. Maka dari itu menjaga pola sehat makanan untuk semua orang sangat penting agar imunitas tubuh tetap kuat, jika imunitas tubuh kuat maka saat melakukan aktifitas akan selalu bersemangat.

 

Pola makan sehat untuk orang lanjut usia (Lansia)

Memakan kacang- kacangan

Ketika memakan kacang, maka perut akan membuat kenyang lebih lama. Dikarenakan kacang memiliki serat larut yang mengembang di dalam perut. Sari makanan dari kacang juga akan diserap dalam aliran darah, sehingga saat memakan kacang akan lebih sehat. Mengkonsumsi makanan kacang juga memiliki banyak manfaat yang positif.

 

Susu

Meminum susu juga sangat di anjurkan untuk mecegah terjadinya osteoporosis, karena orang yang lanjut usia biasanya mengalami masalah kesehatan yaitu pengroposan pada tulang (osteoporosis).

 

Membatasi gula dan lemak

Karena jika mengkonsumsi gula berlebihan makan dapat membebani hati dan menyebabkan perlemahan hati yang dapat memicu terjadinya komplikasi kesehatan. Mengkonsumsi makan lemak dengan berlebihan akan mengalami masalah kesehatan seoerti tekanan darah tinggi, kolestrol tinggi, akan masalah pada saluran pensernaan, dan berbagai maalah lainnya.

 

Mengatur porsi makan

Sebaiknya untuk lansia saat mengatur makan karbohidart di anjurkan dengan porsi yang kecil, karena jika mengkonsumsi makanan karbohidrat berlebihan untuk kesehatan tidak baik. Mengkonsumsi karbohidrat berlebihan maka akan menjadi lemak, jika lemak berlebihan menurut kesehatan akan mengalami kolestrol tinggi dan lain sebagainnya.

 

Memakan wortel

Wortel sendiri memiliki sangat bagus untuk kesehatan, karena wortel memiliki kaya vitamin ( C dan E), Mengontrol tekanan darah dan kolesterol, Memperkuat daya tahan tubuh, Membuat kulit menjadi sehat, Meningkatkan kesehatan mata, Memperkuat fungsi otak dan lain sebagainya.

 

Ini adalah contoh beberapa makanan yang bisa di coba untuk makanan bagi orang lansia agar tetap sehat

 

Sumber :

https://healthfully.com/242895-healthy-diet-for-elderly-people.html

 

Editor : Nur Qolbi