Minuman

Manfaat Jamu Kunyit Asam

05 May 2020, 12:10 WIB

Manfaat jamu kunyit asam, jamu ini adalah minuman tradisional khas Indonesia. Jamu biasanya banyak di temukan di daerah pulau jawa jamu ini memiliki khasiat atau manfaat dari kunyit asam untuk kesehatan tubuh bagi masyarakat, khususnya di pulau jawa jamu ini dapat di temukan setiap hari untuk di konsumsi. Namun jika kamu sulit untuk mendapatkan jamu kamu bisa membuatnya dirumah.

 

Jamu adalah minuman tradisional warisan nusantara khas Indonesia. Jamu merupakan obat teradisional yang terbuat dari bahan rempah dan herbal yang memiliki khasiat obat teradisional dari nenek moyang Indonesia. Manfaat jamu kunyit sangat banyak untuk kita di konsumsi setiap hari karena meminum jamu dapat memperkuat imunitas tubuh. bahan bahan untuk membuat jamu kunyit asam yaitu : Kunyit, asam jawa, biji kedawung , sinom, daun asam, temu lawak dan perasan jeruk nipis.

 

Manfaat jamu kunyit : Meningkatkan imunitas tubuh agar tidak terkena virus seperi virus corona, membersihkan racun dari tubuh, meredakan nyeri hiad, mengatasi keputihan, mengobatai sariawan, mengobati panas dalam, menurunkan berat badan, mencegah kriput penuaan, mencegah timbulnya jerawat, mencegah stroke, mencerdaskan otak,  mengatasi bau badan dan membantu mengatasi masalah pencernaan.

 

Bila kita mengkonsumsi jamu kunyit berlebihan maka akan timbul efek samping yaitu : masalah kehamilan, menyebabkan alergi, menghambat pembekuan darah, kantung empedu dan masalah ginjal 

 

Bolehkah ibu hamil meminum jamu kunyit asam?menurut penelitian jika sudah memasuki kehamilan trimester pertamasa di sarankan untuk tidak mengkonsumsi jamu kunyit asam apalagi dengan mengkonsumsi jamu melebihi 500 mg setiap harinya itu bisa mengakibtakan menggagu kehamilan pada janin dan bisa mengalami keguguran.

 

Manfaat pada jamu kunyit ini untuk sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat kunyit, namun mengingat sudah ada penelitian yang memberikan nilai positif untuk di konsumsi maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba jamu dari warisan nusantara Indonesia. intinya saat kamu meminum jamu jangan mengkonsumi jamu berlebihan karna itu akan menimbulkan efek samping.

 

  •