Aktivitas

Kerja Praktik di Masa Pandemi

03 Aug 2020, 06:30 WIB

Kerja Praktik di Masa Pandemi

Mahasiswa tingkat tiga biasanya melakukan Kerja Praktik (KP) atau Magang. Kerja Praktik adalah salah satu mata kuliah wajib program studi teknik mesin di Universitas Indonesia. Mata kuliah ini merupakan sarana untuk belajar melalui pengamatan langsung di lapangan dan pelaksanaan Kerja Praktik (KP) ini merupakan aplikasi dari semua ilmu pengetahuan yang didapatkan oleh mahasiswa selama belajar dibangku perkuliahan, baik teori maupun berupa praktikum. Dalam kenyataan dunia perkuliahan, tingkat strata satu cenderung lebih banyak mendapatkkan teori-teori ilmiah dibandingkan dengan aktivitas prakteknya secara langsung. Hal ini bisa membuat mahasiswa cukup matang dalam penguasaan teori, namun disisi lain mahasiswa bisa menjadi sangat kurang dalam hal pengalaman, keterampilan, dan pengembangan teori di lapangan yang terus berubah sesuai dengan perkembangan teknologi. Akibatnya, setelah lulus mahasiswa strata satu merasa tidak cukup siap memasuki dunia kerja karena kurang percaya diri pada kemampuan dan ilmu yang dimilikinya. Mahasiswa sebagai salah satu komponen bangsa dituntut untuk mampu menjalankan perannya dengan ilmu yang diperoleh. Salah satu sarana bagi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman kerja, yaitu dengan melakukan kerja praktik dengan harapan akan terjadi keseimbangann antara teori yang sudah diperoleh dibangku perkuliahan dengan dunia kerja.  

Namun di tengah pandemi seperti ini beberapa perusahaan tidak bisa menerima untuk melakukan kerja praktik langsung di perusahaan. Dikarenakan beberapa karyawan melakukan bekerja dari rumah atau work from home (WFH). Jika kamu termasuk orang yang sedang melalukan kerja praktik work from home jangan khawatir dikarenakan disini akan memberikan solusi agar kerja kalian tetap sesuai jadwal dan tidak deadline.

Tips selama kerja praktik work from home :

1.       Melakukan ruang khusus untuk bekerja

Kamu bisa menciptakan ruang meja belajar kamu seperti ruang kantor, dengan melakukan ruang belajar kamu seperti ruang kantor kamu akan lebih semangat dan tidak akan deadline apa lagi dengan tempat yang nyaman dan tidak membosankan.

 

2.       Memanfaatkan teknologi untuk tetap terhubung

Tantangan terbesar lainnya saat bekerja dari rumah adalah komunikasi dengan tim. Jika saat di kantor kamu hanya perlu menghampiri manajer atau tim untuk berdiskusi, maka bekerja dari rumah kamu harus berkomunikasi dahulu sebelum berdiskusi. Saat ini sudah banyak aplikasi yang dapat untuk berdiskusi lewat online yaitu zoom, google meets dan lain sebaginya.

 

3.       Menunjukan Insiatif

Pastikan manajer kamu atau mentor kamu tidak melupakan keberadaan kamu di dalam tim, kamu harus menunjukan insiatif kamu contoh menanyakan tugas yang dapat bisa di bantu, jangan ragu untuk bertanya kepada manajer atau mentor jikaada hal-hal yang kurang jelas atau kurang paham. Kamu mungkin bisa meminta waktu untuk berbincang langsung lewat telepon untuk memastikan bahwa arahan yang sudah sesuai dengan pemahaman kamu.

 

Tetapi jika kamu melakukan kerja langsung atau work from office kamu harus tetap melakukan protokol kesehatan yaitu selalu gunakan masker, hindari pertemuan sosial dan jaga jarak fisik minimal satu meter, pastikan tempat kerja memiliki ventilasi yang baik, seringlah mencuci tangan dengan air yang mengalir dan sabun selama 20 detik, membawa hand sanitizer, menjaga kebersihan di ruang kerja dan lakukan desinfeksi secara berkala, jika sedang sakit bekerjalah dari rumah, tutup mulut dan hidung dengan tisu ketika batuk atau bersin dan masker, bungkus tisu bekas pakai ke dalam kantong pelastik sebelum di buang ke tempat sampah

 

Editor : Nur Qolbi

Referensi :

https://edukasi.kompas.com/read/2020/04/18/070000371/tips-sukses-magang-untuk-mahasiswa-saat-pandemi-corona?page=all di akses 8/1/2020

https://www.gadjian.com/blog/2020/05/06/work-from-home-wfh-versus-work-office-wfo/ di akses 8/1/2020