Olahraga

Alternatif Olahraga di Tengah Pandemi

27 May 2020, 02:45 WIB

Alternatif Olahraga di Tengah Pandemi

 

Pada masa pandemi COVID-19, daya tahan tubuh menjadi modal penting untuk menangkal diri dari infeksi virus corona. Selain asupan makanan yang baik dan istirahat yang cukup, olahraga menjadi salah satu upaya untuk memiliki daya tahan prima.

Olahraga juga berperan membantu seseorang mendapatkan suasana hati yang lebih tenang. Dengan melakukan aktivitas fisik atau olahraga, tubuh melepas hormon endorfin sehingga membantu memicu perasaan positif.

Selain disarankan oleh banyak pakar kesehatan, anjuran berolahraga juga disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mengatakan "Supaya masyarakat tetap bergerak (olahraga) karena dengan bergerak akan terjadi kebugaran fisik."

Namun, penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar dan himbauan untuk menjaga jarak sosial (social distancing) membuat kita tidak leluasa melakukan aktivitas olahraga di luar ruangan. Meskipun jika kondisi lingkungan memungkinkan, kita bisa melakukan olahraga di luar ruangan.

Berikut adalah beberapa rekomendasi olahraga yang bisa dilakukan di rumah dan luar rumah yang bisa membuat daya tahan tubuh tetap prima selama pandemi.

1.       Jalan kaki

Olahraga murah meriah ini memiliki banyak manfaat yakni meningkatkan kekuatan otot, membuat tulang lebih kuat, membakar lemak tubuh, membuat suasana hati menjadi lebih baik, dan baik untuk kesehatan jantung.

 

Tetapi jika anda ingin melakukannya, pastikan anda dalam kondisi fit, memakai masker dan menjaga jarak yang aman.

 

2.       Olahraga persarafan

 

Pakar Kedokteran Olahraga UGM, Zaenal Muttaqin Sofro, menyebut bahwa olahraga tidak hanya berupa olahraga fisik (physical exercise) tetapi bisa dengan olahraga persarafan (neuro exercise). Menurutnya, olahraga fisik berguna untuk menjaga kebugaran, sedangkan olahraga persarafan untuk menjaga kesehatan.

 

Olahraga persarafan mencakup pernapasan, vokalisasi dan postur. Olahraga pernapasan bisa dilakukan dengan senam pernapasan seperti senam tera dan yoga. Lalu, vokalisasi antara lain dengan bersenandung, membaca Alquran dan lainnya. Sedangkan postur dapat ditempuh dengan cara seperti melakukan senam taichi maupun gerakan shalat.

 

3.       Angkat beban

 

Mengangkat beban membantu Anda secara fisik, mental, dan emosional. Angkat beban menjadi alternatif cara meredakan kecemasan. Olahraga angkat beban menjadi satu di antara terapi terbaik untuk tenang dan santai.

Anda bisa memanfaatkan berbagai barang di rumah Anda untuk dijadikan sebagai beban seperti botol air mineral 1,5 liter dan wadah deterjen.

 

Itulah beberapa alternatif untuk melakukan olahraga selama pandemi dan diharuskan tetap di rumah saja untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Dengan anda melakukan olahraga rutinitas dalam setiap hari maka terkena infeksi virus sangat kecil karena anda memiliki imunitas tubuh yang kuat, untuk menyimbangi anda dapat mengkonsumsi makanan yang bergizi dan menambahkan multivitamin.

 

Sumber:

https://tirto.id/jaga-daya-tahan-tubuh-dengan-olahraga-saat-pandemi-corona-covid-19-eKqi Di akses 18 Mei 2020

https://www.cnnindonesia.com/olahraga/20200424135128-178-496934/5-tips-olahraga-di-rumah-selama-pandemi-corona Di akses 18 Mei 2020

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/05/01/040500820/jalan-kaki-olahraga-terbaik-selama-masa-karantina-di-tengah-pandemi-?page=all Di akses 18 Mei 2020

https://www.liputan6.com/bola/read/4218627/5-jenis-olahraga-untuk-bantu-redakan-kecemasan-saat-pandemi-corona-covid-19 Di akses 18 Mei 2020

 

Editor : Aji Wibowo