Berita

Ala New Normal Masyarakat Jakarta

14 Jun 2020, 12:23 WIB

Ala New Normal Masyarakat Jakarta

Definisi new normal adalah skenario untuk mempercepat penanganan COVID-19 dalam aspek kesehatan dan sosial-ekonomi. Pemerintah Indonesia telah mengumumkan akan melakukan new normal.

Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan, pemerintah berhati-hati dalam menerapkan era kenormalan baru atau new normal di tengah pandemi virus corona (Covid-19). "Ketika menyatakan new normal, Presiden memberi arahan harus terlebih dahulu ada edukasi, sosialisasi dan simulasi," kata Donny dalam diskusi online bertajuk New Normal Are You Ready?, Sabtu (6/6/2020)

Sejak “New Normal” di berlakukan khususnya di Jakarta memiliki ciri khas sendiri seperti biasanya yaitu :

Ruas jalan protokol di wilayah DKI Jakarta mulai beberapa hari ini kembali macet. Begitu juga kondisi di Tol Dalam Kota, kembali padat merayap bila pagi dan sore hari datang. Senin, 8 Juni 2020, ini pun sebagian pusat perkantoran di Ibu Kota mulai bergeliat kembali. Minggu, 7 Juni kemarin, stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, sudah dibuka. Banyak warga memadati areal GBK untuk berolahraga setelah bosan berdiam diri selama tiga bulan di rumah. Perlahan tapi pasti, semua aktivitas masyarakat, pusat perbelanjaan dan transportasi umum juga akan dibuka lagi.

Kondisi itu terjadi sejak pemerintah pusat mengurangi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan menerapkan new normal alias tatanan hidup baru di tengah pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19). Setelah masa perpanjangan PSBB di Jakarta berakhir pada 4 Juni 2020, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menerbitkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman dan Produktif.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 mengingatkan bahwa pandemi COVID-19 belum benar-benar berakhir. Angka kasus penularan virus ini masih naik turun. Pemerintah meminta masyarakat di DKI Jakarta dan seluruh Indonesia tetap menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin selama masa new normal atau PSBB Transisi. “Saya tegaskan, COVID-19 belum berakhir. Tak satu pun pakar atau ahli yang bisa mengatakan atau memprediksikan kapan COVID ini berakhir. Ia akan berdampingan bersama kita, sama seperti virus lainnya. Inilah mengapa penting menjaga masyarakat agar tak terpapar. Kuncinya, disiplin dengan protokol kesehatan,” kata Ketua Gugus Tugas, Letjen TNI Doni Monardo, di Kalimantan Selatan, Minggu, 7 Juni.

 

Referensi :


https://news.detik.com/x/detail/investigasi/20200608/New-Normal-Ala-Jakarta/ di akses 6/14/2020

https://nasional.kompas.com/read/2020/06/06/17360741/presiden-jokowi-minta-new-normal-diterapkan-secara-hati-hati di akses 6/14/2020

Editor : Nur Qolbi